RSS

Minggu, 14 September 2008

"Romadhonku Yang Lalu"


Yaitu kurang lebih lima tahun yang lalu saat aku masih menjalani hari-hariku di tempat yang berjuluk politeknik gajah tunggal, romadhon tahun ini aku kembali teringat akan masa-masa saat masih bersama rekan-rekan seperjuangan melewati setiap aliran sang waktu. Masih terngiang canda tawa rekan rekan diasrama dengan semua karakter lugu mereka, ada paino yang pandai menirukan cara dosen mengajar, ada lukman yang murah senyum dan selalu dengan celetukan lucunya, ada arif dwiyanto dengan panggilan singa satu alias singantuk satu yang ngantukan, ada arif setiawan yang ngeyelan, ada wayan yang suka ngomong janco, ada arif kurniawan yang aneh dan pendiem tapi suka nggoya-ngguyu, ada juga yang alim seperti dhanu dan yahya, ada juga yang suka nyetel musik yang kenceng eko kutur, ada juga yang serem kaya heri dari lampung (hii….).
Entah mereka semua sudah dengan kehidupannya masing-masing kehidupan yang telah berubah dengan perjalanan waktu. Sebagian dari mereka sudah ada yang berkeluarga dan bahkan sudah mempunyai buah hati, semoga mereka selalu sukses dengan jalan hidupnya….
Lama termenung mengingat saat romadhon dikampus. Mulai dari bangun saur ada dodi yang rajin nendangin pintu buat ngebangunin sahur, ada yang sudah mulai membeli lauk ato nitip karena mereka sudah memasak nasi sehabis sholat taraweh tadi malam, ada yang makan sahur bareng di tempat makannya babe dengan menu nasi, oreg, popay(sayur bayem) sama gorengan satu yang merupakan menu favorit bagi sebagian besar anak poltek dan ketika ditanya setelah selesai makan “berapa be..?, oreg, popay, sama gorengan satu….”, babe pun menjawab, “mablas..” yang berarti seribu limaratus rupiah dengan gaya ngantuknya( hehh…, jadi kangen sama temen-temen seperjuangan, hiks…) . setelah sahur beres para penghuni asrama ada yang mulai bertadarus al-Qur’an, ada juga yang menonton tv, ada juga yang duduk termenung ato ada juga yang mulai mandi karena kwatir kehabisan air besok pagi… setelah sholat subuh ada yang mulai menampung air dari tendon air karena pompa sering rusak untuk bekal pagi nanti mandi, ada yang masih asyik dengan tadarusannya, ada juga yang mulai menyemir sepatu atao mengelap ketimangnya dengan brasso, juga ada yang kembali tertidur (yang ini biasanya si arif singa satu, he..3X).
Pagi hari mulailah anak patigat beraksi dengan seragam necisnya tapi kantong tipisnya mereka mulai mengayuh sepeda ontel menuju kampus ditengah macet dan polusinya kota tangerang, tiba dikampus dengan bau asin dikarenakan seragam yang basah dengan keringat mulailah para serdadu kita bertempur dengan matakuliah seharian dan juga bertempur dengan rasa ngantuk (maklum energi makan sahurnya udah habis buat ngengkol sepeda ontel, he…3X), setelah seharian menjalani rutinitas pelajaran dikampus mereka dengan tampang lelah dan lugunya tapi tetep kelihatan cerdas kembali ke rumah susun tercinta. Sebelumnya diantara mereka ada yang ngebungkus makan dari kantin dengan bekal kupon makan yang diperoleh setiap bulannya dari kampus, tapi ada juga yang memilih berbuka gratisan di mesjid mesjid yang menyediakan ta’jil untuk berbuka (mesake` nemen kowe lee.., he..3X). sambil dipayungi senja yang memerah anak –anak poltek kembali menjalani takdirnya bersama-sama sambil ngontel menuju asrama (seperti kata motivasi dari lukman, “kita songsong masa depan yang gemilang, plis deh…”, ato juga pesan dari rozak, “Tetep jaga ciri cah poltek : tulung-tinulung, kere tapi kalem, ngepit mlaku” ato seperti ditambahi sama rohman, “kuliah ngepit, ma’eme oreg”), oce…. oye…

“Berbuat baiklah selalu kepada teman-temanmu, karena tanpa mereka kamu bukan apa-apa. Mereka menghiburmu dikala sedih, mereka menemanimu dikala sendiri dan jauh dari keluarga, mereka memberimu dikala kamu memerlukan, dan mereka ada dikala kamu membutuhkan”

best regards for all of my friends yang udah menjalani kerasnya perjuangan bersama-sama, to: lukman, udin, paino, arif singa satu, arif kurniawan, arif setiawan, yahya, dodi, eko, dhanu, rimang, faizin, rozak, feri, amin, sugi, irwahyudi, ade, hendra, trisusanto, deden, anton dll, saya bangga dengan kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar